FIFA Akan Sederhanakan Format Undian Piala Dunia 2018

Pialaduniarusia.net - FIFA kabarnya sudah mengumumkan format undian tim baru dan akan jauh lebih sederhana untuk ajang Piala Dunia 2018. Didalam format undian baru ini, beberapa tim yang akan berlaga akan dikelompokkan berdasarkan dengan peringkat dunia, tak lagi berdasarkan benua tempat berada negara tersebut.

Badan asosiaso sepak bola dunia ini lantas mengatakan sudah ada 32 tim yang akan ikut bertanding di tahun 2018 ini dan akan dibagi ke dalam 4 mangkuk undian nantinya. Mangkuk Undian pertama akan terdiri dari total 7 tim yang ada di peringkat atas ditambah Rusia sebagai tim tuan rumah. Mangkok Undian yang ke-2 akan berisikan beberapa tim yang ada di peringkat delapan berikutnya dan begitu dengan mangkung undian lainnya.

Didalam setiap babak pertama penyisihan grup akan terdiri dari satu tim di setiap mangkok undian yang sudah ditentukan berdasarkan dengan penarikan undian. Satu-satunya penghalang geografis ialah tidak akan ada satu grup yang terdiri dari dua tim yang berasal dari satu benua yang sama, kecuali di benua Eropa.

Di ajang Piala Dunia yang berlangsung di Brazil, sistem undian terasa rumit di mana setiap tim akan dibagi berdasarkan dengan peringkat di Mangkok Undian ke-1, sementara pada mangkok undian lainnya diurutkan berdasarkan benua dimana negara mereka berada.

FIFA lantas mengatakan bahwa peringkat negara yang akan diumumkan nantinya, akan digunakan untuk membantu penarikan undian yang baru saja berlangsung di Moskow.

Tujuh tim paling atas saat ini termasuk timnas Swiss dan timnas Polandia, sementara Peru dan Wales kemungkinan besar akan masuk dalam Mangkok Undian ke-2 bersama dengan timnas Perancis dan timnas Spanyol, jika mereka berhasil lolos ke babak kualifikasi.

Timnas Italia sekarang ini berada pada peringkat ke-17 FIFA yang artinya mereka akan bisa berada di Mangkuk Undian ke-3.

Timnas Brazil, Iran, Meksiko, Jepang, Belgia, Korea Selatan and timnas Arab Saudi merupakan beberapa tim yang sudah memastikan tempat mereka pada turnamen ini di tahun mendatang. FIFA akan menggunakan sistem yang jauh lebeih sederhana agar mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih adil dibandingkan dengan sistem undian sebelumnya.

Selain itu, FIFA menggunakan sistem undian yang jauh lebih dimengerti oleh banyak orang. Sistem undian yang digunakan pada ajang Piala Dunia Brazil sempat mendapatkan banyak protes dari kalangan pecinta sepakbola maupun para kritikus olahraga. Hal tersebut dianggap tidak adil karena tak menguntungkan timnas yang kekurangan pemain bintang.

Dengan dicanangkannya sistem undian baru ini, diharapkan bisa membantu beberapa timnas yang jarang ikut berlaga di ajang Piala Dunia, seperti halnya Mesir yang di tahun 2018 ini bisa ikut unjuk ggi di ajang kompetisi terbesar di dunia tersebut.

Pihak FIFA akan terus memperbaiki kinerja merak demi kelancaran pertandingan ajang Piala Dunia 2018 ini. Bekerjasama dengan federasi sepakbola Rusia, FIFA mulai mencanangkan beberapa sistem baru bukan hanya dalam hal undian laga saja akan tetapi segala hal yang akan mempengaruhi pertandingan nantinya. FIFA juga sudah mulai memilih wasit-wasit profesional yang akan memimpin pertandingan nanti. Sudah ada beberapa nama wasit profesional yang akan memimpin pertandingan. Rusia sendiri kini sudah mulai menyelesaikan beberapa renovasi di beberapa stadion utama tempat dimana pertandingan ajang Piala Dunia 2018 ini berlangsung.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " FIFA Akan Sederhanakan Format Undian Piala Dunia 2018"

Posting Komentar