Luzhniki Stadion Piala Dunia Rusia 2018


Pialaduniarusia.net - MOSKWA dikabarkan bahwa Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino telah melakukan beberapa kunjungan penting terkait Piala Duni 2018 ini. Dan salah satunya kunjungan perdana ke Rusia dan tepatnya di Stadion Luzhniki berkaitan dengan persiapan putaran final Piala Dunia 2018.

Kunjungan tersebut adalah kunjungan kali pertama Infantino sejak dirinya dinyatakan terpilih menjadi presiden FIFA pada Februari tahun lalu. Infantino sendiri memang memulai turnya untuk kali pertama ke Stadion Luzhniki, dikota Moskwa. Stadion tersebut memang sedang dalam proses perbaikan sebagai persiapan jelang final Piala Dunia, demikian ditulis Fox Sports.

Infantino sendiri memang melihat dari dekat pembangunan stadion yang berkapasitas 81.000 tempat
duduk itu. Wali Kota Moskwa Sergei Sobyanin juga melontarkan apresiasi terhadap kunjungan Infantino.

Dalam komentar kepada kantor berita Rusia Tass, Infantino memuji kiprah Sobyanin untuk terus
memperbaiki stadion itu yang merupakan salah satu ikon dari arsitektur Soviet yang menjadi tuan
rumah Olimpiade 1980.

Memang bila menelisik sejarah pada awalnya stadion ini dibangun dala rangka persiapan event olahraga negara Uni Soviet pada tahun 1956 lalu. Sejak didirikanya Stadion Luzhniki, maka fungsinya digunakan sebagai tuan rumah terhadap penyelenggaraan untuk berbagai event penting seputar olahraga dan budaya yang termasuk didalamnya Olimpiade Musim Panas tahun 1980, seperti kejuaraan Dunia Ice Hockey, Atletik dan juga Rugby, disamping itu tidak luput menjadi venue untuk konser musik beberapa artis ternama didunia.

Luzhniki sendiri akan menjadi tuan rumah untuk pertandingan penmbuka Piala Dunia FiFA 2018 Rusia pada tanggal 14 Juni 2018 yang akan datang serta berdasarkan jadwal awal yang telah disusun oleh panitia penyelenggara stadion ini juga akan menjadi stadion penyelenggara pertandingan Final Piala Dunia Rusia 2018.

Pada tahun 1998 Stadion Luzhiniki masuk dalam kategori bintang 5 untuk Standar UEFA dan termasuk salah satu stadion terbaik eropa, juga ketika UEFA mengubah sistem penilaian kualitas stadium di Eropa menjadi Bintang 4. Stadion ini sangat layak digunakan untuk penyelenggaraan pertandingan bergengsi Piala Dunia Fifa. Stadion ini juga tetap direnovasi sebagai upaya modernisasi serta melebihi standar stadion baru yang baik ditetapkan oleh FIFA maupun UEFA.


Berikut spesifikasi stadion kebanggaan kota MOSKWA ini:
Kapasitas : 81.000
Diresmikan : 1956 (versi lama), 2017 (setelah renovasi)
Lokasi : Moscow
Jumlah pertandingan : 7 (termasuk semifinal dan final)

Stadion Lushniki sekarang ini menggunakan lapisan rumput alami yang memang telah di renovasi pada musim panas tahun 2016, meskipun pengunaan rumput alami ini sangat membutuhkan perawatan yang lebih intensif, namun kenyamakan bermain tetap terjada di rumput alami.

Untuk implementasi ini sistem drainase, pemanasan, pengairan, pengawasan atau monitoring, otomatis dan kendali terpusat yang barudipasang disekitar lapanyan. Stadion ini memang dianggap sakral bagi kota Moskwa karena memang sudah didirikan sejak puluhan tahun silam, yang dulunya hanya lempengan batu, hingga canggih seperti sekarang. Sepatutnya bangsa indonesia harus mencontoh semangat warga rusia untuk merawat sebuah stadion.

Dan inisiatif haruslah dimiliki oleh warga kita, karena banyak seharusnya stadion di indonesia yang sepatutnya terawat, tetapi malah terbengkalai. Semoga saja piala dunia 2018 mendatang ini akan tetap menjadi dorongan untuk bangsa kita ini, khususnya untuk memiliki jiwa perawat fasilitas umum, karena pastinya semua itu akan menjadi kebanggaan kita di masa penerus kita, bila kita berhasil.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Luzhniki Stadion Piala Dunia Rusia 2018"

Posting Komentar