Makanan Halal Untuk Fans Negara- Negara Arab


Pialaduniarusia.net - Fans negara-negara Arab tentusaja akan dipastikan terbang ke Rusia untuk mendukung tim kesayangannya dan bahkan atau sekedar liburan menikmati setiap laga di Piala Dunia 2018. Pihak panitia penyelenggara pun sudah mengantisipasinya, salah satunya terkait makanan halal. Panitia memastikan bahwa ketersediaan makanan halal selama perhelatan Piala Dunia 2018 akan tetap terjaga.

Bila memang melalui data statistik yang ada, sejumlah negara Arab dinyatakan lolos ke Piala Dunia 2018. Mesir dan Arab Saudi merupakan salah dua di antaranya. Fans dari kedua negara tersebut pastinya akan berbondong- bondong mendukung tim kesayangan mereka secara langsung di Rusia.
Pihak panitia sendiri sudah menyiapkan beberapa fasilitas untuk fans sepak bola dari Arab, seperti
makanan halal dan juga pusat kebudayaan khusus. Salah satu anggota kelompok kerja yang merupakan bagian dari wisatawan dari Kementerian Dalam Negeri dan Pariwisata Mesir, yaitu Ehab Wahdan.

Ehab pun memastikan bahwa panitia Piala Dunia 2018 telah mengupayakan untuk bekerja sama dalam menyiapkan fasilitas bagi fans Arab. Kepada Sputnik, Wahdan sendiri meminta kepada fans Arab untuk tadak perlu risau. Perlu diketahui juga bahwa Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya di tahun 2018 ini.

Pertandingan yang nantinya akan digelar di sejumlah kota seperti Moskow, St. Petersburg, Rostov-on- Don, Sochi, Yekaterinburg, Saransk, Kaliningrad, Nizhny Novgorod, Kazan, Volgograd, dan
Samara. Perwakilan kami memang telah mengunjungi Rusia. Mereka sepertinya setuju dengan beberapa restoran terkait makanan halal yang mendukung para wisatawan muslim. Mereka juga mendiskusikan apa dan juga bagaimana memasak dan berbicara tentang apa yang disukai orang Arab. Kami membahas kemungkinan melakukan sistem prasmanan, diskon, dan kupon," kata Wahdan kepada Sputnik.

Sementara itu untuk pusat kebudayaan Arab, sebuah kesepakatan juga telah dicapai dengan
Kementerian Pemuda dan juga Olahraga Mesir. Tempat itu tentu nanti akan digelar beberapa acara
selama Piala Dunia berlangsung. Panitia sendiri memang telah mengundang beberapa artis untuk
memeriahkan acara tersebut. Penggemar sepak bola Arab yang tentunya akan nyaman selama berada di Rusia dengan nuansa Arab. Panitia berjanji menyewa tempat dan mendirikan sebuah tenda besar untuk pusat kebudayaan Arab, kata Wahdan.

Berdasarkan hal itu, fans sepak bola dari negara- negara Arab tentu saja akan benar -benar dimanjakan selama berada di Rusia. Mereka akan dengan nyaman memberikan dukungan kepada timnas mereka di Piala Dunia 2018. Industri pariwisata halal memang belum begitu lama berkembang di pasar global. Tapi, dalam kurun waktu relatif singkat, industri ini berhasil akan menjadi suatu fenomena yang nyata dan masuk ke dalam jenis pariwisata yang paling cepat berkembang di dunia.

Bila melihat di Desember 2014 lalu, Ketua Dewan Mufti Rusia yaitu Sheikh Ravil Gainutdin mengkaji serta sekaligus menyetujui standar “layanan halal” di hotel-hotel dan fasilitas akomodasi lainnya di Rusia. Standar ini dirancang untuk menarik jutaan wisatawan muslim di seluruh dunia agar datang mengunjungi Rusia.

Saat ini, diketahui telah ada tiga hotel di Rusia yang mempunyai standar Islam dan secara resmi
tersertifikasi. Hotel- hotel yang sudah distandarisasi tersebut antara lain Hotel Hotel Aerostar dan
Metropol di kota Moskow, juga Hotel Gulf Stream di Kazan. Yang membedakan Hotel Gulf Stream dari dua hotel laindi Moskow yaitu hotel ini sepenuhnya sudah memiliki standar halal, dalam arti seluruh pelayanan dilakukan sesuai dengan standar halal, di restorannya pun tidak menjual minumal beralkohol dan sejenisnya. Di Hotel Metropol dan juga Hotel Aerostar, layanan halal tentu saja merupakan salah satu pilihan yang ditawarkan bagi klien.

Dalam sebuah wawancara dengan RBTH, Kepala proyek HalalTripRus (suatu organisasi yang
mempopulerkan pariwisata halal di Rusia) Ildar Musin berpendapat bahwa dalam konteks Rusia,
pendekatan yang dilakukan Metropol dan Aerostar adalah hal yang bijak. “Jangan terlalu berlebihan. Bila menurut pandangan saya hal tersebut merupakan suatu pilihan yang tentunya sangat cocok dan ideal.

Ketika sebuah hotel dapat menyajikan lingkungan yang nyaman baik bagi muslim maupun nonmuslim,”tutup.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Halal Untuk Fans Negara- Negara Arab"

Posting Komentar