Piala Dunia 2018 Akan Gunakan Teknologi VAR

Pialaduniarusia.net - Teknologi mutakhir Video Assistant Referee atau yang sering disebut dengan VAR kemungkinan besar akan diterapkan di pertandingan ajang Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung bulan Junia mendatang.

Kepala Bagian Komersial FIFA, Philippe Le Floc'h kabarnya mengatakan bahwa peluang untuk bisa menerapkan VAR di ajang Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia tersebut sangat besar.
“Penggunaan teknologi VAR sudah pasti terjadi. Terlihat sangat baik untuk memadukan teknologi didalam pertandingan sepak bola karena hal itu adalah sebuah hal yang sangat adil,” ungkap Le Floc'h menjelaslan, seperti yang dikutip dari Sky Sports.

Sebelumnya, teknologi VAR sudah diujicoba di beberapa negara seperti Italia, Jerman, dan Inggris. Bahkan, penerapan dari teknologi yang bertujuan untuk bisa membantu wasit didalam mengambil keputusan tersebut kabarnya telah dilakukan di pertandingan ajang Piala Konfederasi 2017 lalu.
Le Floc'h kabarnya mengatakan pihak timnya saat ini tengah mengadakan beberapa pembicaraan dengan para pihak sponsor untuk membantu FIFA didalam penerapan teknologi VAR tersebut.

“Kami lantas berbicara dengan berbagai perusahaan teknologi yang dirasa sangat tertarik dengan apa yang memang sedang kami lakukan di sisi teknologi,” ungkap Le Floc'h.

Nantinya, keputusan terkait dengan apakah penerapan VAR tersebut akan disetujui atau tidaknya di ajang Piala Dunia 2018 ini akan dilakukan oleh pihak IFAB yang notabenenya merupakan badan atau asosiasi pembuat aturan di dalam pertandingan sepak bola dan akan di putuskan pada tanggal 2 maret 2018  yang akan datang.

Sebelumnya pihak IFAB sendiri sudah merilis penelitian terkait dengan ujicoba VAR yang sudah dimulai pada bulan Maret 2016 silam. Tercatat, sudah ada sebanyak 804 pertandingan kompetitif yang menggunakan teknologi VAR tersebut dan hasil dari penelitian itu menyatakan bahwa teknologi VAR berhasil memberikan akurasi keputusan hingga sebesar 98,9 persen.

Sebelumnya di edisi ajang Piala Dunia 2014 lalu penerapan teknologi VAR kabarnya sudah sempat digunakan untuk membantu para wasit dalam mengambil keputusan di beberapa pertandingan penting di musim ini. Adapun teknologi itu ialah teknologi garis gawang di mana wasit kabarnya akan memperoleh notifikasi lewat jam tangan mereka jika bola sudah melewati garis gawang.
Ajang Piala Dunia 2018 akan difasilitasi dengan berbagai teknologi, salah satunya adalah VAR yang dianggap sudah mensukseskan berjalanny ajang Piala Konfederasi 2017 lalu. Walau begitu, beberapa pihak kabarnya ada yang tidak menyetujui penggunaan teknologi tersebut karena dianggap membuat waktu pertandingan semakin singkat.

Mereka menganggap, teknologi tersebut membuktikan sikap tidak profesional dari wasit pertandingan karena tak bisa mengeluarkan keputusan yang adil. Sikap kontra tersebut sempat menuai beberapa masalah, salah satunya adalah sikap tidak hormat dari para pelatih dan para penonton pada wasit pertandingan.

Namun, penggunaan teknologi VAR ini mendapatkan dukungan dari beberapa pihak yang berpengaruh, salah satunya adalah Maradona. Maradona menganggap teknologi VAR ini akan menghindari sikap curang dan kasar dari para pemain di tengah lapangan.

"Penggunaan teknologi VAR akan sangat membantu para pemimpin pertandingan, dan akan memergoki para pemain yang melakukan hal curang dan kekerasan selama pertandingan berlangsung, jika teknologi ini digunakan saat saya masih menjadi seorang pemain, mungkin teknologi ini akan membuat gol saya ke gawang Inggris digagalkan pada tahun 1966 silam" tutur Diego Maradona, kepada para awak media.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Piala Dunia 2018 Akan Gunakan Teknologi VAR"

Posting Komentar