Piala Dunia 2018 Tidak Akan Mengecewakan


Pialaduniarusia.net - Mantan Bos FIFA, Sepp Blatter, sebelumnya sempat memuji beberapa persiapan yang dilakukan Rusia dalam menyambut Piala Dunia 2018 tahun ini. Disamping itu, Presiden Rusia sendiri yaitu Vladimir Putin, menagtakan bahwa dirinya berjanji, kinerja negaranya itu tidak akan mengecewakan para penggemar sepak bola di seluruh dunia yang akan bertamu beberapa bulan lagi.

Sebelumnya memang Rusia selalu di guncang dengan beberapa masalah sektoral. Seperti Masalah
ekonomi Rusia dan juga sanksi atas Ukraina, yang beberapa waktu yang lalu memang sempat
mengganggu persiapan. Tapi, kantor berita Tass sendiri melaporkan, bahwa Blatter meyakini masalah
yang memang kerap dialami Rusia saat ini dapat segera dituntaskan secepat dan sebaik mungkin.

Dalam sebuah kesempatan yang sama, Blatter sendiri juga mengucapkan “selamat” kepada Presiden
Putin atas kemajuan pembangunan yang memang dilakukan secara signifikan di 12 tempat dan juga di 11 kota yang memang nantinya akan menjadi suatu arena “Gladiator” selaku tuan rumah Piala Dunia 2018 ini.

Blatter sendiri memang telah berulang kali berbicara tentang permasalahan atas pemboikotan Piala Dunia karena keterlibatan Rusia di Ukraina. Bukan hanya itu saja, Blatter sendiri juga mengutuk
gerakan yang menentang tersebut, karena gerakan tersebut malah menjatuhkan Rusia dari satu sisi saja, dan hal tersebut dianggap mencoreng nama Persepakbolaan.

Tidak sedikin beberapa pihak ingin Piala Dunia dicabut dari tangan Rusia, tapi kita memberikan satu
jawaban untuk hal ini: Kita terlibat dalam sepak bola dan kami tidak akan membiarkan politik menghalanginya," ujar Presiden FIFA, yang kini telah menginjak usia 79 tahun itu.

Putin mengatakan bahwa Piala Dunia sama pentingnya dengan menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin 2014. Bagi Putin, tugas ini sama-sama penting. Saya tidak tahu bagaimana tim kami akan tampil di Piala Dunia, itu adalah tanggung jawab spesialis sepak bola. Tapi kami berkewajiban mempersiapkan arena turnamen, kata Putin.

Disamping itu jelang Piala Dunia 2018 yang semakin dekat dan segala persiapanya, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pun beberapa waktu lalu menerima tawaran Moskow untuk jadi tuan rumah pengundian (drawing) negara peserta turnamen tersebut. Deputi Perdana Menteri Rusia, yaitu Vitaly Mutko, seperti yang telah dilansir oleh awak media, menyebutkan bahwa pada 1 Desember 2017 tepatnya beberapa bulan yang lalu, FIFA memang menyelenggarakan drawing di Kremlin.

Gedung Konser Istana Kremlin yang berkapasitas 6.000 orang tersebut telah digunakan untuk menggelar acara tersebut. Hal yang perlu diketahui bahwa, gedung itu sendiri dibangun pada masa Uni Soviet dan awalnya difungsikan sebagai tempat rapat Partai Komunis Uni Soviet. Kini, gedung tersebut selain digunakan untuk konser, juga digunakan untuk menggelar pertunjukan balet dan berbagai acara penghargaan.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, sejak negaranya ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 memang selalu mengizinkan FIFA untuk menggunakan tempat-tempat penting untuk melaksanakan agendanya. Pada Juli 2015 lalu, FIFA meminjam Istana Konstantin dekat St. Petersburg untuk menyelenggarakan drawing babak kualifikasi Piala Dunia. Istana tersebut merupakan rumah musim panas yang dibangun pada masa Peter Agung.

Sebelum Piala Dunia 2018 tahun depan, Rusia akan menjalani gladi resik dengan menyelenggarakan
Piala Konfederasi 2017 mulai 17 Juni 2017 mendatang. Rusia (tuan rumah), Jerman (juara dunia),
Australia (juara Asia), Chile (juara Amerika Selatan), Meksiko (juara Amerika Utara), Selandia Baru (juara Oseania), Portugal (juara Eropa), serta satu juara Afrika yang masih dicari di Piala Afrika 2017 akan menjadi peserta turnamen tersebut. Delapan tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup dan berlaga di empat kota, Moskow, St. Petersburg, Sochi, dan Kazan.

Disamping itu, Piala Dunia 2018 sendiri memang akan mulai bergulir 14 Juni 2018 mendatang di Stadion Luzhniki, Moskow. Dan Stadion ini juga memang akan menjadi tuan rumah laga final yang nanti akan digelar di 15 Juli 2018.

Postingan terkait: