Dilema Persiapan Tim Nasional Rusia



Pialaduniarusia.net - Tuan rumah Rusia versus Arab Saudi akan mengawali putaran final Piala Dunia 2018, demikian hasil undian yang dilakukan di Moskow, Ibu Kota Rusia, Jumat desember 2017 lalu. Dan Hasil undian tersebut tentu mendapat tanggapan baik dari pelatih Timnas Rusia. "Saya mengalami Dilema dan tidak bisa mengatakan senang atau tidak senangnya ketika melihat hasil undian ini. Tetapi hal ini tentu merupakan salah satu keuntungan, bahwa kami tidak satu grup dengan mantan jura Spanyol," ungkap pelatih Timnas Rusia, Stanislav Cherchesov.

Meskipun tidak turut serta dalam babak kualifikasi, Rusia hanya mengandalkan pertandingan persahabatan untuk memantapkan diri dalam menghadapi Piala Dunia dan lawan pertamanya. Sampai detik ini, bisa dianggap bahwa penampilan mereka tak bisa dibilang mengesankan. Rusia memang diberikan keistimewaan untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2018 karena status mereka sebagai tuan rumah. Saat seluruh peserta dunia sikut menyikut bersaing di fase kualifikasi, Tim Beruang Merah tentu hanya menjalani laga- laga ujicoba untuk mengetes poros kekuatan timnya tersebut. Bila melihat seperti Tahun lalu di Piala Konfederasi, Rusia sendiri tidak berasil lolos dari fase grup setelah kalah dan didepak dengan Portugal dan Meksiko.

Ironisnya hanya satu kemenangan dan dua kekalahan didapat Rusia dalam persaingan di Grup A yang juga dihuni Selandia Baru. kemudian itu Rusia mencobalagi dengan menjalani empat laga persahabatan. Dan hasilnya, mereka hanya mampu meraih satu kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah. Sebelum kick- off Piala Dunia, Rusia sendiri memang masih akan menghadapi dua laga ujicoba dengan juara 5 kali Brasil dan Prancis. Tentunya bhwa Faktor tuan rumah akan jadi modal yang menguntungkan bagi Rusia apalagi untuk berbicara banyak di Piala Dunia 2018. "Tentu saja itu para fans dan suporter akan memberikan dukungan dan membantu, bahkan tidak menampik akan ungkapan 'keuntungan tuan rumah'.

Dan saya sendiri memang yakin dengan bermain di kandang kami sendiri ada kepercayaan diri, terutama di depan fans kami yang tentunya akan banyak membantu kami," ujar gelandang timnas Rusia, Aleksei Miranchuk. Mungkin sudah tidak asing bahwa pertanyaan seperti Bagaimana persiapan Tim Beruang merah selaku Tuan Rumah dalam menghadapi lawan di 32 besar Piala Dunia 2018ini ? Strategi dan formasi apa yang mereka pakai untuk lolos dari fase grup? Apakah sanggup mengikuti langkah Korea Selatan yang tampil mengejutkan saat jadi tuan rumah Piala Dunia saat 2002? Berbicara mengenai dilema mungkin hal itu sepatutnya wajar.

Tapi Russia sendiri boleh menarik nafas lega saat pengundian, karena mereka tidak diletakkan dalam satu kumpulan dengan Sepanyol yang memang dapat dilihat sebagai pasukan pilihan bertabur bintang pada saingan peringkat kumpulan. "Kumpulan yang ideal," demikian tajuk utama media dalam talian tempatan selepas undian Piala Dunia 2018 yang berlangsung awal pagi tadi di State Kremlin Palace menyaksikan pasukan tuan rumah itu diundi dalam Kumpulan A bersama- sama Arab Saudi, Mesir dan Uruguay. Baik pelatih maupun pengkritik, mereka melihat undian itu sebagai undian yang cukup baik dan menguntungkan bagi tim nasional Rusia. Presiden Russia, Vladimir Putin sendiri menyaksikan sesi undian itu.

Disamping itu Mesir pasti akan menurunkan barisan penyerang Liverpool yang naik daun, seperti Mohamed Salah. Sementara Arab Saudi dikatakan siap bertempur kembali di Piala Dunia 2018 ini sejak penampilan terakhir pada 2006. Pelatih Russia, Stanislav Cherchesov mengatakan bahwa dirinya enggan untuk terlalu percaya diri. Yang jelas Stanislav menginginkan disetiap pertandingan dalam kondisi prima dan terbaik.

Postingan terkait: