FIFA Umumkan Markas 32 Tim Piala Dunia 2018 Rusia

Pialaduniarusia.net - Tepatnya Pada awal Februari 2018, Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah mengumumkan beberapa daftar yang terkait penemptan markas dan tempat latihan. Tempat tersebut yang dikenal sebagai training base camp, adalah tempat dimana para negara- negara dari 32 tim selama bertanding dalam Piala Dunia 2018, yang nanti rencananya akan dimulai Juni nanti, di Rusia.

Daftar markas dan tempat latihan tim tersebut bertempat di sepanjang wilayah yang berada di Negri
Beruang merah itu. Panjang Rusia sendiri kira- kira mencapati 2480 kilometer yang membentang dari
arena pertandingan terpojok di Kaliningrad di sebelah barat hingga sampai Yekaterinburg di paling pojok timur.

Sudah tidak aneh bahwa waktu perjalanan tampak tidak jarang menjadi salah satu faktor yang penting
untuk seluruh tim peserta Piala Dunia 2018 ini, ketika memilih sebuah markas latihan. Tapi, sebagian tim lain menetapkan base camp karena alasan lain. Hanya sekitar 12 dari 32 tim peserta Piala Dunia 2018 yang memang memilih kota besar sebagai markas mereka, dan markas mereka tersebut sama dengan kota tempat mereka akan bertanding yang akan dimulai Juni nanti pada babak utama penyisihan grup. Disamping hal itu, sedikitnya terdapat enam tim yang mengambil markas jauh dari tempat bertanding, yaitu di luar wilayah Moskwa.

Terdapat beberapa tim nasional, seperti tim nasional Inggris, yang memilih lokasi markas latihan mereka sebelum undian pertandingan Piala Dunia 2018 yang telah dilakukan di bulan Desember lalu. Mereka pun berharap tidak ada kendala masalah tempat tersebut dan tidak akan mengubah pilihannya. Seperti yang dikutip awak media, Manajer Inggris, Gareth Southgate sendiri, mengatakan bahwa waktu perjalanan dari markas mereka ke tempat pertandingan tersebut, memang tidak menjadi masalah untuk pihak dan tim mereka. “sebenarnya hal itu sama saja seperti kesepakatan para pemain yang menjalani pertandingan di Liga Champions Eropa.” Ucap Gareth.

Inggris sendiri memang berinisiatif memilih sebuah kawasan pedesaan di luar St. Petersburg, sehingga mereka dapat fokus mempersiapkan tim mereka untuk menghadapi pertandingan yang akan bergulir di babak utama penyisihan grup. Mereka berinisiatif untuk memilih tempat yang “Fresh” serta dalam situasi damai dan tenang di sebuah hotel. Semenatara itu hotel yang memang dipakai oleh Tim Nasional Inggris secara eksklusif di siapkan untuk mereka selama mengikuti Piala Dunia 2018 ini. Terkait hal itu media massa di Inggris sendiri mencoba membandingkan lokasi yang dipilih untuk Piala Dunia 2018 saat ini seperti pilihan tim nasionalnya di Rustenburg dengan lokasi selama mengikuti Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan lalu.

Hal itu sangat menjadi buah bibir, saat Piala Dunia 2010 para pemain Inggris mengeluh karena kemudian merasa bosan. Pandangan sang manager Southgate, sangat beralasan seperti pilihan Inggris keliru ketika memilih Copacabana saat mengikuti Piala Dunia 2014 di Brasil. Menurut manager Tim Nasional Inggris tempat yang dipilih Tim Inggris di 2014 tersebut sangat mengganggu konsentrasi pemain.

Pilihan Southgate untuk memilih di dekat laut Baltik dengan angin dinginnya, adalah suatu alasan.
Karena, di daerah dekat St. Petersburg tersebut, tentu akan memberikan ketenangan selama musim
panas menyengat jelang Piala Dunia 2018 ini. Wilayah yang terpencil dianggap akan menghindarkan
pasukan Southgate tersebut dari kebisingan. Apalagi kemacetan seperti saat mereka berada di kawasan Rio de Janerio 2014. Dan tempat bernaung Tim sebenarnya merupakan strategi untuk mencapai kemenangan.

Postingan terkait: