Piala Dunia 2018: FIFA Rencanakan Panduan Perjalanan Fans Muslim


Pialaduniarusia.net - Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) berencana untuk mengeluarkan panduan perjalanan bagi 100 ribu penggemar sepak bola Muslim yang diperkirakan hadir di Rusia selama Piala Dunia 2018 berlangsung. Panduan itu akan merinci lokasi masjid, restoran halal, dan informasi tentang waktu shalat. Ada tujuh tim sepak bola dari negara Muslim yang berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, mulai 14 Juni mendatang, yaitu Arab Saudi, Mesir, Maroko, Iran, Tunisia, Senegal, dan Nigeria.

Arab Saudi akan menjalani pertandingan pertama pada pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, 14 Juni, yaitu melawan tuan rumah Rusia. Pertandingan tersebut bertepatan dengan akhir bulan puasa Ramadhan, yang ditandai dengan hari pertama perayaan Idul Fitri. Selama mengikuti Piala Dunia 2018 di Rusia, Mesir memilih Chechnya sebagai tempat mereka. Di wilayah tersebut, pemeluk agama Islam memang menjadi mayoritas. Sedangkan pada 20 Juni 2018, Iran akan bertanding melawan Spanyol di Kazan, ibukota Tatarstan, yang penduduknya mayoritas Muslim.

Di kota tersebut ada sekitar 50 masjid. Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, yang juga warga Muslim dari Senegal, mengatakan kepada Arab News bahwa badan sepak bola dunia berusaha semaksimal mungkin membuat penggemar sepak bola yang Muslim merasa nyaman selama mengikuti Piala Dunia 2018 di Rusia. “Piala Dunia tahun ini akan menampilkan tujuh tim yang memiliki mayoritas pemain Muslim dan sebagian penggemar akan puasa selama bulan Ramadhan, yang berakhir tepat sebelum pertandingan pembukaan,” kata Samoura. “Kami di FIFA ingin memastikan bahwa semua warga Muslim, baik itu pemain, staf, maupun penggemar, punya semua informasi yang mereka butuhkan, seperti makanan halal atau tempat shalat,” wanita Sekjen FIFA itu melanjutkan. 100 Hari Piala Dunia Disamping itu Piala Dunia 2018 kian dekat.

Selasa lalu, 6 Maret 2018, tepat 100 hari sebelum penyelenggaraan pesta sepak bola empat tahunan itu. Badan sepak bola dunia (FIFA) melakukan hitung ulang dengan cara sederhana, tapi menarik. Mereka melakukan pengunggahan video aksi yang penuh tokoh tersebut dalam akun twitternya. Dalam video itu para pemain yang pernah tampil di Piala Dunia melakukan aksi juggling bola. Aksi mereka kemudian jadi kolase video hitung mundur. Dalam video itu memang tampak aksi dari pesepak bola legendaris seperti Ronaldo, Diego Maradona, sampai pesepak bola yang sedang naik daun lainya Hidetoshi Nakata, David Trezeguet, Wayne Rooney, Carlos Puyol, Jay Jay Okocha, Diego Forlan, Harryy Kewell, Tomas Brolin, Mido, Carlos Valderama, Peter Schmeichel, dan masih banyak lagi. Di akhir video tampak pula Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden FIFA, Gianni Infantino melakukan juggling bersama dari Istana Kremlin di Moskow.

Melihat Sejumlah artis papan atas Indonesia memeriahkan konser 100 hari menuju Piala Dunia 2018 yang akan disiarkan langsung oleh Trans TV, Selasa (6/3). Live streaming konser bisa disaksikan di bawah ini. Sejumlah selebriti musisi dan artis besar indonesia seperti Ari Lasso, Slank, Judika, dan juga Armada telah ikut memeriahkan konser 100 hari jelang Piala Dunia 2018. Konser yang memang telah dimulai pukul 19.00 WIB itu dimeriahkan juga oleh deretan artis cantik yaitu Cita Citata, Via Vallen, Zaskia Gotik dan Bunga Citra Lestari. Slank juga sebagai salah satu musisi rocker menjadi salah satu artis di konser 100 hari menuju Piala Dunia 2018 tersebut.

Postingan terkait: