Pilih Rapper untuk Lagu Piala Dunia 2018, Belgia Dikecam


Pialaduniarusia.net - Belgia memilih rapper kontroversial, Damso, untuk menciptakan dan menyanyikan lagu tema Piala Dunia 2018. Akibatnya, federasi sepak bola negara itu banyak mendapat kritikan. Damso, 25 tahun, adalah rapper kondang di Belgia. Nama aslinya William Kalubi. Namun, tak semua pihak suka padanya, terutama karena lirik dalam lagunya kerap memakai kata kasar dan melecehkan wanita.

Tim sepak bola nasional tidak jarang memberikan kesempatan kepada musisi untuk membuat lagu untuk beberapa turnamen besar dan hal itu dilakukan sebagai cara membangun moral dan mencerminkan identitas nasional. Namun pilihan Damso, yang kerapkali menampilkan lirik- lirik kasar terhadap wanita dan referensi kasar terhadap hal- hal berbau wanita, tentu saja hal itu menimbulkan ketegangan antara memerangi seksisme dan kebebasan berekspresi.

Oleh sebab itu, ketika federasi sepak bola setempat Belgia (KBFB) memanggilnya untuk menjadi penyanyi yang memang akan menciptakan dan menyanyikan lagu tema untuk Piala Dunia 2018, maka tidak jarang protes pun bermunculan. Dan tentu saja protes yang paling keras berasal dari organisasi yang dinamakan Dewan Wanita Belgia. Sylvie Lausberg, yang merupakan Presiden dari lembaga itu, mengatakan, "Bahwa bagi kami hal tersebut tentu saja sangat mengganggu, terlebih melihat federasi sepak bola Belgia yang menyatakan telah mengirim seseorang sebagai duta ke luar negeri, ke Piala Dunia, yang diketahui bahwa orang tersebut kerap memakai lirik sangat kasar dan juga merendahkan wanita, bahkan kerap menyerukan untuk membunuh." Organisasi itu mengirimkan kecamannnya secara resmi kepada federasi dan 13 sponsor timnas. Bila protes itu tak diindahkan mereka siap mengadu ke lembaga resmi milik pemerintah: Pengawas Persamaan Hak.

Bahkan kritik pedas tersebut datang dari Wakil Perdana Menteri Belgia yaitu Alexander De Croo. Dirinya meminta federasi sepak bola memilih tokoh yang "menjadi panutan dan menginspirasi, bukan yang mendiskriminasi." Belgia akan menjadi salah satu favorit di Piala Dunia 2018. Mereka akan berlaga di Grup G bersama Inggris, Panama, dan Tunisia. Asosiasi Sepak Bola Belgia Bersatu mengatakan pada hari Selasa, bahwa hal itu tidak akan "dipersulit" oleh kontroversi tersebut. Namun pada dini hari Jumat, diumumkan, juga bahwa pihaknya telah mengakhiri kerja sama dengan Damso "dengan kesepakatan bersama," menurut sebuah pernyataan.

Asosiasi juga mengklarifikasi lanjutan dengan mengatakan, "Kami terutama berharap, untuk meminta maaf kepada semua pihak yang merasa tersinggung, didiskriminasikan atau dikurangi oleh pilihan artis yang bersangkutan." Kekerasan terhadap wanita baik itu pelecehan seksual dan intimidasi sudah dilarang keras di Belgia pada tahun 2014, sebagian sebagai tanggapan atas video 2012 yang diambil dengan kamera tersembunyi oleh seorang warga bernama Sofie Peeters, yang merupakan seorang pelajar film. Dalam film tersebut menunjukkan bahwa dia mencoba merekam pelecehan dan penghinaan seksual saat dia berjalan melalui Brussels.

Bianca Debaets, seorang politisi lokal di Brussels, mengatakan kepada situs Euronews bahwa film dari Ms. Peeters harus diputar untuk memperingati Damso dan tim sepak bola nasional. Tim Belgia memang dinyatakan sebagai tim yang lolos dengan selamat dan mendapat tiket untuk Piala Dunia 2018 ini. Neymar sendiri, menyebutkan bahwa timnas Belgia sebagai calon tim kejutan di Piala Dunia 2018 mendatang wajib tidak dianggap remeh. Skuad asuhan Roberto Martinez tersebut diinisialir memiliki sejumlah penyerang hebat dan merupakan salah satu terbaik dunia dan juga bintang PSG tersebut mengharapkan mereka tampil baik dan cemerlang di Rusia tahun ini. Timnas yang berjuluk The Red Devils itu, yang dilatih oleh mantan bos Everton Roberto Martinez, memenangkan sembilan dari 10 pertandingan mereka di babak kualifikasi. Mereka punya beberapa penyerang yang paling mematikan di dunia, seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Dries Mertens.

Postingan terkait: