Profil Grup B Piala Dunia : Spanyol


Pialaduniarusia.net - Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, menagtakan bahwa timnya memang masih butuh menggelar pertandingan lebih banyak sebagai salah satu bagian penting jelang persiapan menjelang Piala Dunia 2018. Tetapi, Lopetegui sendiri mengatakan bahwa dirinya memang menyadari tidak dapat berbuat banyak selain terus mengupayakan dan memaksimalkan minimnya jatah uji coba yang dimiliki timnya. Sebelumnya Tim nasional Spanyol telah memastikan tiket untuk lolos ke Piala Dunia 2018 sejak 6 Oktober 2017.

Dan mereka melenggang ke putaran final setelah menjuarai Grup G Kualifikasi Zona Eropa dan kini berada dalam zona Grup B bersama sainganya portugal. Sebagai upaya persiapan menghadapi Piala Dunia 2018, timnas Spanyol memang telah menjalani tiga laga uji coba, kontra timnas Kosta Rika (11/11/2017), timnas Rusia (14/11/2017), dan timnas Jerman (23/3/2017). Situasi tersebut membuat La Furia Roja tidak akan bertanding hingga Maret 2018. Sang pelatih sendiri memang memaklumi minimnya kesempatan menguji kekuatan skuatnya, sehingga akan berusaha memanfaatkan setiap pertandingan. "Sebenarnya, saya ingin lebih sering menggelar laga uji coba, tetapi hanya ini yang bisa kami dapatkan, begitu juga timnas lain. Kami akan coba memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin," ujar Lopetegui. "Kami akan menghadapi dua tim kuat yang dapat menjadi rival langsung di Piala Dunia. Dua lawan kuat yang mengharuskan kami menunjukkan kemampuan terbaik.

Tebak Juara Piala Dunia 2018

Kami akan menggunakan kesempatan untuk menemukan strategi terbaik di Piala Dunia," lanjutnya. Julen Lopetegui mulai mengasuh timnas Spanyol setelah Piala Eropa 2016. Bersama Lopetegui, juara Piala Dunia 2010 itu belum pernah menelan kekalahan dengan catatan sembilan menang dan tiga laga imbang. Spanyol berhasil mempertahankan tren positif belum pernah terkalahkan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.

Itu mereka pastikan setelah mempermalukan Israel pada laga pamungkas fase Grup G, Selasa 10 Oktober dini hari WIB. Pelatih Spanyol Julen Lopetegui tampaknya lebih memanfaatkan laga untuk merotasi para pemain utamanya dengan pemain pelapis. David de Gea, Gerard Pique, Alvaro Morata tidak dimainkan, sedangkan Sergio Ramos dan Isco juga tidak tampil penuh di sepanjang laga. Sejatinya tiket menuju Piala Dunia 2018 sudah dikantongi Spanyol semenjak mereka membantai Italia 3-0 pada awal September lalu. Sejak saat itu, Spanyol tidak memiliki rival sebanding hingga akhirnya bisa melewati dua laga kualifikasi yang tersisa dengan baik.

 Beberapa waktu yang lalu FIFA memperingatkan pemerintah Spanyol untuk tidak mengintervensi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Bila itu terjadi, FIFA tidak segan mencoret keikutsertaan Spanyol di Piala Dunia 2018. FIFA sudah memberi peringataan kepada RFEF terkait keterlibatan pemerintah Spanyol pada proses pemungutan suara untuk presiden baru federasi sepak bola Negeri Matador. Sikap dan tindakan yang berasal dari pemerintah Spanyol tentu saja membuat La Furia Roja berpotensi untuk dilarang main pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Seperti dilansir Reuters, RFEF saat ini dipimpin oleh Juan Luis Larrea sebagai pemimpin sementara. Mantan presiden RFEF, Angel Maria Villar, dipaksa mengundurkan diri terkait dakwaan-dakwaan korupsi. "Tidak dipungkiri bahwa Kami memang dapat mengonfirmasi bila FIFA belakangan ini telah mengirim surat kepada RFEF yang dimana surat tersebut lebih memperlihatkan kecemasan dengan situasi federasi dan juga mengingatkan bahwa, semua anggota federasi memang ditekantakn untuk semestinya mengatur urusan- urusan dengan independen, saja" demikian pernyataan FIFA.

Squad andalan Spanyol antara lain :
Kiper: De Gea, Reina, Kepa Belakang: Carvajal, Sergi Roberto, Pique, Ramos, Nacho, Azpilicueta, Monreal, Jordi Alba
Tengah: Andreas Iniesta, David Siva, Pedro, Illarra, Koke, Sergio Busquets, Thiago, Isco, Asensio, Vitolo dan Pedro
Depan: Morata, Deulofeu, Costa and Aspas.

Postingan terkait: