Profil Grup A Piala Dunia : Uruguay


Pialaduniarusia.net - Uruguay akan menjadi salah satu wakil Amerika Latin di Piala Dunia 2018. La Celeste melangkah ke putaran final usai menekuk Bolivia dengan skor 4-2. Menjamu Bolivia di Centenario stadium, Montevideo, Rabu (11/10/2017) pagi WIB, Uruguay menang berkat gol-gol Martin Caceres, Edinson Cavani, dan Luis Suarez (dua gol). Sementara itu, dua gol Bolivia merupakan gol bunuh diri pemain-pemain Uruguay, yaitu Gaston Silva dan Diego Godin. Uruguay finis di posisi kedua klasemen akhir kualifikasi dengan 31 poin. Tim didikan Oscar Tabarez itu dinyatakan telah lolos ke Rusia bersama Brasil, Argentina, dan juga Kolombia. Adapun sebebelumnya Bolivia berada di posisi kesembilan dengan 14 poin.
Ketika melawan Bolivia, Uruguay sempat ketinggalan. Akibat lini belakang berujung gol bunuh diri Silva. Uruguay sendiri menyamakan skor pada menit ke-39. Silva membantu merobek gawang Bolivia. Cavani membawa tim tuan rumah berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-42.

Suarez memperbesar keunggulan Uruguay menjadi 3-1 saat menit ke-60. Lolos dari kawalan bek-bek Bolivia, Suarez dengan tenang menaklukkan penjaga gawang Carlos Lampe. Suarez kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-76. Usai menerima umpan dari Cristian Rodriguez, dia melepaskan tembakan menyilang ke tiang jauh yang membuat Uruguay unggul 4-1. Berselang tiga menit, Godin membuat gol bunuh diri. Bermaksud menghalau umpan lambung dari Juan Carlos Arce, kapten Uruguay itu malah menyundul bola ke gawang timnya sendiri. Dan akhirnya hasil pertandingan tersebut meloloskan Uruguay untuk mendapatkan tiket 32 tim Piala Dunia Rusia 2018.

Susunan Pemain
Uruguay: Muslera, Caceres, Gimenez, Godin, Silva (Pereira 77), Bentancur, Valverde
(Rodriguez 60), Vecino, Arrascaeta (Lodeiro 77), Suarez, Cavani

Bolivia: Lampe, Bejarano, Candia, Raldes, Sagredo, Chumacero (Arce 46), Machado, Castro
(Justiniano 57), Valverde, Campos, Martins (Alvarez 70)

Lolos sebagai runner-up membuat timnas Uruguay melaju pada putaran Piala Dunia 2018 yang akan diadakan di Rusia pada Juni 2018 mendatang. Posisi yang didapatkan oleh Uruguay pada Zona Amerika Selatan membuatnya dapat berpartisipasi dalam acara pergelaran sepakbola paling akbar yang diadakan 4 tahun sekali ini.

Prediksi Juara Piala Dunia 2018

Ketika dilaksanakanya babak kualifikasi Piala Dunia 2018 untuk zona CONMEBOL diikuti oleh sedikitnya 10 tim nasional dari Negara masing- masing dan dengan 4 peringkat teratas otomatis lolos ke putaran final, sedangkan peringkat ke-5 harus memenangkan play-off inter- confederation untuk bisa bergabung ke putaran Final Piala Dunia 2018. Beberapa waktu yang lalu kabar menyakitkan untuk timnas Uruguay bahwa Striker yang bermain untuk Barcelona, Luis Suarez, dikabarkan tidak akan turut serta untuk memperkuat tim nasional Uruguay pada pertandingan persahabatan kontra Polandia (11/11/2017) dan Austria (15/11/2017) karena mengalami cedera lutut. Dikabarkan bahwa, timnas Uruguay dan club besar Barcelona dikabarkan sempat berselisis mengenai operasi kista pada lutut kanan Suarez.

Sebelmunya Barcelona menjadwalkan Suarez untuk operasi pada bulan November tahun lalu. Akan tetapi, doktor timnas Uruguay, Alberto Pan menilai seharusnya operasi kista memang tidak perlu dilakukan karena menurutnya hal tersebut tidaklah akan mengganggu penampilan Luis Suarez. Pan sendiri menganggap, bahwa Kista meniscal memang merupakan masalah yang biasa dan tentu hal yang umum bagi pesepak bola dan menurutnya hal tersebut biasanya tidak memerlukan operasi hanya melakukan therapy.

Pelaksanaan operasi pada November bukan tanpa alasan. Sebab, pada bulan tersebut, Blaugrana hanya akan melakoni lima pertandingan. Sementara itu, timnas Uruguay menilai operasi tersebut dapat merugikan karena sang pemain akan absen dalam pertandingan persahabatan. Pada pertandingan terakhirnya bersama Barcelona, Luis Suarez tidak terlihat mengalami masalah pada lututnya. Bahkan, mantan pemain Liverpool tersebut mampu tampil selama 90 menit. Cedera tersebut dikatakan menjadi penyebab berkurangnya performa Luis Suarez pada musim 2017-2018. Pemain 30 tahun tersebut baru mendulang tiga gol dan tiga assist di berbagai ajang selama periode tersebut.

Postingan terkait: