Serba- Serbi Hakim Pertandingan Di Piala Dunia 2018 Rusia


Pialaduniarusia.net - Tidak ada wasit Inggris atau Britania yang bertugas pada Piala Dunia 2018. Hal ini jadi yang pertama kalinya dalam 80 tahun. Badan sepak bola dunia (FIFA) merilis daftar 36 wasit dan 63 asisten wasit pada Kamis. Dalam daftar ofisial dari 46 negara itu tidak ada satupun dari Inggris, Wales, Skotlandia, atau Irlandia Utara.

Amerika Serikat, yang tak lolos ke Piala Dunia, mengirimkan dua wasit dan dua asisten wasit, yang paling banyak di antara negara lain. Nantinya wasit-wasit asisten video, yang akan digunakan untuk pertama kalinya di Piala Dunia ketika turnamen dimulai pada 14 Juni, akan dipilih dari berisi nama nama ofisial itu.

Wasit asal Inggris Mark Clattenburg, yang memimpin pertandingan final Piala Eropa 2916 antara tuan rumah Prancis dan Portugal, masuk dalam daftar awal FIFA namun ia meninggalkan Liga Inggris pada musim lalu karena bekerja di Arab Saudi. Ini mengecewakan, karena kami memiliki kebanggaan pada pertandingan-pertandingan internasional di mana para wasit kami telah ambil bagian selama bertahun-tahun, kata ketua Proffesional Game Match Official (PGMOL) Mike Riley kepada televisi Sky Sports bulan ini. Saat Mark pergi ke Arab Saudi, tidak ada kompetisi tersisa untuk melatih para wasit, maka tidak ada kesempatan untuk menggantikan dirinya dengan wasit Inggris lainnya. Howard Webb, yang menjadi wasit pada final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, merupakan wasit Inggris satu- satunya tahun itu dan di Brasil pada 2014.

Terdapat tiga final lain yang dipimpin wasit Inggris -- George Reader pada 1950, William Ling
pada 1954, dan Jack Taylor pada 1974. Inggris lolos ke putaran final, satu-satunya negara Britania yang mampu melakukannya. Britania telah mengatakan pihaknya tidak akan mengirimkan menteri atau anggota keluarga kerajaan dalam delegasi ke Piala Dunia 2018, menyalahkan Rusia karena kasus peracunan terhadap mantan agen ganda Rusia di kota Inggris, Salisbury, bulan ini. Gaji Wasit Mencengangkan Piala Dunia 2018 Rusia semakin dekat. Perangkat pertandingan diantaranya wasit mempunyai tugas yang berat. Lantas berapa gaji wasit yang sepadan dalam memimpin laga-laga di Piala Dunia 2018 Rusia?

Tentunya, milyaran pasang mata di seluruh penjuru dunia akan tertuju kepada kinerja para  pengadil di lapangan. Tekanan, karakter pemain dan situasi kondisi dilapangan sekelas piala dunia, tak ayal mempengaruhi psikologis wasit ketika memimpin jalannya pertandingan. Federasi International Football Association (FIFA) telah mengumumkan daftar wasit yang akan bertugas di Piala Dunia 2018 Rusia. Sebanyak 36 pengadil dari seluruh dunia sudah dipilih, sementara untuk asisten wasit berjumlah 63 orang. FIFA menunjuk wasit ke dalam kategori yang berbeda sesuai dengan pengalaman dan perkembangan wasit selama menggeluti karirnya .

Media olahraga asal Brasil, UOL Esporte, mengungapkan jumlah bayaran yang diterima wasit selama bertugas di Rusia nanti. Nilainya ternyata berbeda-beda tergantung kategori-kategori tertentu yang sudah ditetapkan. Disebutkan kalau wasit-wasit top seperti Felix Brych (Jerman), Cuneyt Cakir (Turki) dan Nestor Pitana (Argentina) akan menerima bayaran 57.000 euro untuk kontrak selama Piala Dunia di Rusia. Nilai yang setara dengan Rp 963 juta seperti dikutip dari marca.com Nilai tersebut belum termasuk bayaran yang diterima setiap memimpin pertandingan. Mereka masing-masing mengantongi 2.500 euro (sekitar Rp 42 juta) per laga.

Sedangkan para asisten wasit akan mendapat bayaran 20.000  euro (Rp 338 juta). Plus menerima
1.600 euro (Rp 27 juta) per pertandingan. Angka yang fantastis buat wasit Indonesia. Berbeda jauh dengan di tanah air, kinerja wasit selama memimpin pertandingan bila disejajarkan mempunyai nilai yang jauh berbeda pada event tertentu. Bila katakanlah, gaji wasit Indonesia Rp.5 juta per pertandingan, maka 8 kali lipat nilai perbandingannya. Angka yang pantas bagi pengadil terkait dengan tugas yang diembannya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Serba- Serbi Hakim Pertandingan Di Piala Dunia 2018 Rusia"

Posting Komentar